Bagaimana Pola/Strategi Perekrutan Reviewer dan Editor Jurnal Internasional?

Peer-Reviewers suatu jurnal bersifat dinamis, bisa kapan saja merekrut Peer-Reviewers yang sesuai dengan topik manuscript yang akan direview.

Dalam proses peer-review, biasanya Editor in Chief atau Associate Editor biasanya akan mengundang anggota Editorial Board untuk mereview manuskrip, atau mengundang anggota Peer-Reviewers untuk mereview manuskrip tersebut.
Editor in Chief atau Associate Editor dapat juga menambah Reviewer baru dengan mencari dari sumber-sumber lain seperti: Scopus, kolega, networking via Conference.

Reviewer suatu manuscript dapat dipilih sebagai berikut:

  • Salah satu atau lebih penulis artikel yang paling banyak dirujuk atau disitasi di manuscript tersebut
  • Mendaftarkan Penulis yang sudah mempublikasikan artikelnya di jurnal tersebut namun bidang ilmu kepakarannya harus sama.
  • Mencari Calon Peer-Reviewer di database Scopus, dengan cara memasukkan topik utama artikel di sistem pencarian, dapat dipilih/filter berdasarkan h-index tertentu dan asal negara tertentu.

Peer-Reviewer berbeda dengan Editorial Board, oleh karenanya halaman website Editorial Board dan Peer-Reviewer (jika diperlukan) dibuat terpisah.

Peer-Reviewers yang diundang dan sudah melakukan proses review manuskrip dan memberikan rekomendasi, seharusnya langsung diberikan Ucapan Terima Kasih (Acknowledgement) (sudah tersedia fasilitasnya di Open Journal System) dalam bentuk email. Ucapan terima kasih kepada Reviewer ini perlu dilampiri file PDF Sertifikat Reviewer (dapat berbasis bulanan atau setiap kali melakukan review).

Peer-Reviewer yang sudah (hanya yang) melakukan review ditambahkan ke dalam halaman website List of Peer-Reviewers (kecuali jika review dilakukan oleh anggota Editorial Board, tidak perlu ditampilkan di List of Peer-Reviewers).

Contoh-contoh Certificate of Acknowledment untuk Peer-Reviewers: